Sun. Mar 3rd, 2024

Selain Menjelajahi Candi Prambanan di Jawa Tengah, Sobat Juga Wajib dong Kunjungi Purworejo!

Selain Menjelajahi Candi Prambanan di Jawa Tengah, Sobat Juga Wajib dong Kunjungi Purworejo!Selain Menjelajahi Candi Prambanan di Jawa Tengah, Sobat Juga Wajib dong Kunjungi Purworejo!

Purworejo merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang mungkin tidak sepopuler kota-kota wisata lainnya, namun kota ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa dieksplorasi. Kota Purworejo berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Yogyakarta dan sangat mudah dijangkau melalui jalur darat. Nah, jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Purworejo.

Ini Lah Daftar TOP 10 Tempat Wisata di Purworejo, Jawa Tengah :

1. Curug Lumbung

Tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi adalah Curug Lumbung. Wisata yang terbilang baru ini cukup menarik perhatian banyak wisatawan karena keindahannya.

Curug ini memiliki dinding sungai yang memiliki ornamen khas. Anda juga bisa bermain air di sungai dan berfoto dengan latar belakang sisi kanan dan kiri sungai yang indah. Dinding setinggi 7 meter ini akan berubah warna menjadi coklat ketika memasuki musim hujan, namun Anda harus berhati-hati karena banyak bebatuan yang licin.

 

Baca Juga :
Kisah Sejarah Candi Prambanan, dan Wisata Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi!

 

2. Curug Muncar

Wisata Purworejo Jawa Tengah selanjutnya merupakan Curug Muncar. Wisata air terjun ini sangat populer dan sering menjadi tujuan utama para wisatawan ketika berkunjung ke Purworejo.

Air terjun setinggi 900 meter di atas permukaan laut ini memang memiliki medan yang cukup berat untuk mencapainya, namun selama perjalanan Anda dapat menikmati pemandangan yang menyejukkan mata. Di sini Anda akan dimanjakan dengan keindahan air terjun dan bermain air di bawahnya. Air terjun ini sangat terkenal dengan memiliki air yang sejuk dan menyegarkan. Tentunya dapat membantu Anda untuk sejenak menenangkan pikiran dari rutinitas sehari-hari.

3. Curug Gunung Cenderung

Tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah selanjutnya juga masih berupa air terjun. Curug ini juga dikenal dengan nama Curug Kyaiu Kate, yang diambil dari nama sesepuh yang menunggu di lokasi tersebut.

Tak kalah dengan air terjun lainnya di Purworejo, curug ini juga memiliki pemandangan yang indah. Curug Gunung Cenderung dikelilingi oleh tebing-tebing yang penuh dengan hutan pinus dan tanaman hutan lainnya. Curug ini memiliki debit air yang cukup deras dengan aliran sungai di bawahnya.

Terdapat pula rute trekking yang cukup jauh dan cocok bagi Anda yang menyukai tantangan dan kegiatan yang memacu adrenalin. Tidak hanya itu, air terjun ini juga sering dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar.

 

Baca Juga :
Kagum! TOP 7 Candi yang di Jawa Tengah, Sungguh Megah dan Menawan!

 

4. Hutan Alam

Wisata Alam di hutan juga masuk dalam daftar tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah yang patut untuk dikunjungi. Hutan alam ini dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah setempat sehingga terlihat lebih baik dan nyaman.

biasanya digunakan sebagai tempat untuk berkemah dan kegiatan outbond. Hal ini dikarenakan kawasan ini memiliki hutan pinus yang indah dan sangat bersahabat untuk segala usia. Selain digunakan sebagai tempat berkemah dan kegiatan outbond, tempat ini juga menjadi tempat berburu foto yang menarik. Tak jarang Hutan Wisata Alam ini dijadikan spot foto karena sangat instagramable.

5. Wisata Hutan Pinus

Purworejo memang dikaruniai banyak hutan dengan pepohonan pinus yang rimbun nan asri. Selain Hutan Wisata Alam, Anda juga bisa mengunjungi Wisata Rimba Pinus untuk menikmati keindahan hutan pinus.

Sama halnya dengan Hutan Wisata Alam, Wisata Rimba Pinus ini juga sudah dikelola oleh pemerintah setempat. Terbukti kawasan ini menjadi lebih terjaga, lebih asri dan menarik banyak wisatawan sebagai salah satu tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah.

Wisata Hutan Pinus ini memiliki udara yang sejuk dan dingin ditambah dengan pemandangan deretan hutan pinus yang indah. Wisata disini juga sering dijadikan sebagai tempat foto momen prewedding. Tidak hanya itu, berbagai kegiatan outbond dan camping juga bisa dilakukan di sini. Anda juga bisa menemukan taman bintang mini di sini, lho.

 

Baca Juga :
Asal Usul Candi Prambanan, Bukti Sejarah Perkembangan Agama Hindu di Indonesia

 

6. Pantai Ketawang

Purworejo tidak hanya dikaruniai wisata hutan dan air terjun. Kota ini juga memiliki wisata pantai yang layak untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke sana adalah Pantai Ketawang.

Pantai ini memiliki suasana dan kondisi alam yang masih asri. Meskipun pantai ini masih jarang dikunjungi, namun keindahannya tidak mengecewakan. Di sini Anda bisa bermain ombak pantai yang tidak terlalu besar atau sekedar berfoto-foto di pinggir pantai. Kawasan pantai ini juga sering dijadikan arena pacuan kuda yang diselenggarakan oleh warga sekitar. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu tempat wajib wisatawan kunjungi di Purworejo Jawa Tengah.

7. Pantai Jatimalang

Pantai ini menawarkan keindahan pantai dengan air laut yang biru dan pasir yang lembut. memiliki ombak yang sangat lah besar, namun masih cukup aman untuk bermain di sekitarnya. Menariknya lagi, pantai ini menawarkan panorama yang indah di sore hari dimana matahari akan terbenam. Pantai ini terletak sekitar 18 kilometer dari pusat kota dan memiliki akses yang mudah dijangkau oleh semua jenis kendaraan.

 

Baca Juga :
Wisata ke Jawa Tengah, Sudah Wajib dong Sobat Cobain Kue Khasnya!

 

8. Museum Tosan Aji

Tidak hanya wisata alam, Purworejo juga memiliki wisata sejarah yang cukup menarik untuk Anda kunjungi. Anda bisa mengunjungi Museum Tosan Aji untuk mengetahui sejarah Purworejo.

Di sini Anda dapat menemukan berbagai macam senjata atau pusaka yang terbuat dari logam besi yang dulunya memiliki tempat terhormat atau dihormati di mata orang zaman dahulu. Berbagai pusaka bisa Anda temukan di museum ini, seperti tombak, pedang, keris hingga menur. Museum ini menjadi tempat favorit banyak pelajar untuk melakukan wisata sejarah dan edukasi di Purworejo.

9. Masjid Agung Purworejo

Selain wisata alam dan wisata sejarah, Anda juga bisa menemukan wisata religi di kabupaten Purworejo. Masjid Agung Purworejo merupakan tempat ibadah umat Islam sekaligus tempat wisata religi.

Menariknya, masjid ini memiliki bedug terbesar di dunia yang terbuat dari kayu jati dengan lubang di tengahnya. Beduk yang seusia dengan masjid ini dikenal dengan nama Beduk Pandawa. Beduk ini memiliki diameter 194 sentimeter atau hampir 2 meter, sedangkan bagian depan berukuran sedang dan bagian belakang 180 sentimeter.

10. Puncak Geger Menjangan

Tempat wisata terakhir ini berada di Puncak Geger Menjangan. Kawasan ini memang terkenal memiliki banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh keluarga, seperti kolam renang, kolam pemancingan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika Anda menyukai tantangan, Anda bisa mencoba menyusuri jalan setapak sepanjang 1,8 kilometer yang cukup menantang untuk mendaki bukit setinggi 175 mdpl. Dari atas bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *