Thu. Jun 20th, 2024

Kisah Sejarah Candi Prambanan, dan Wisata Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi!

Kisah Sejarah Candi Prambanan, dan Wisata Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi!Kisah Sejarah Candi Prambanan, dan Wisata Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi!

Kisah Sejarah Candi Prambanan, dan Wisata Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi! Mengunjungi Candi Prambanan merupakan salah satu pilihan tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan. Selain sebagai sarana rekreasi, Candi Prambanan juga menjadi sarana edukasi karena memiliki nilai historis yang tinggi. Wisatawan yang datang akan dibuat takjub dengan keindahan dan kemegahan Candi Prambanan. Saat berencana mengunjungi Candi Prambanan, tak ada salahnya jika Anda sekaligus datang ke beberapa tempat wisata yang ada di sekitarnya. Tak perlu bingung menentukan tujuan, berikut ini adalah daftar rekomendasi wisata dekat Candi Prambanan yang tak boleh Anda lewatkan.

Sobat juga dapat membaca Artikel sebelumnya yang mengenai Asal Usul Candi Prambanan disini ya….

Kisah Sejarah Candi Prambanan, dan Wisata Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi!

1. Candi Sewu

Kisah Sejarah Candi Sewu merupakan destinasi wisata dekat Candi Prambanan yang tidak boleh Anda lewatkan. Bagaimana tidak, wisata sejarah ini hanya berjarak kurang lebih 800 meter dari Candi Prambanan.

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan fakta bahwa Candi Sewu erat kaitannya dengan kisah sejarah Roro Jonggrang dan Bandung Bondosowo. Konon, Bandung Bondowoso harus membangun 1000 candi dalam waktu satu malam, sebagai syarat untuk melamar Roro Jonggarang.

Candi yang telah dibangun sejak abad ke-8 ini merupakan kompleks candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Tak kalah dengan Candi Prambanan, Candi Sewu juga selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat hari libur. Di sini Anda bisa menikmati wisata sejarah dengan panorama yang memukau.

Alamat: Jalan Raya Solo – Yogyakarta KM. 16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

2. Ratu Boko

Kisah Sejara Rekomendasi wisata dekat Candi Prambanan yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Situs Ratu Boko atau Candi Ratu Boko. Untuk candi yang salah satu ini juga memiliki sebutan istana karena bangunannya yang sangat megah.

Istana Ratu Boko dulunya dibangun sebagai tempat untuk menyepi atau bertapa. Di area ini, pengunjung bisa merasakan suasana yang tenang dan damai. Selain bangunannya yang megah, pemandangan di sekitar candi juga terlihat sangat menakjubkan. Pengunjung dapat melihat langsung keindahan Candi Prambanan, Gunung Merapi, dan kota Yogyakarta yang indah.

Bagi para pecinta foto, Ratu Boko tentu menjadi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang yang indah ini. Di sore hari, kawasan Ratu Boko menawarkan panorama senja yang menawan. Pengunjung akan dibuat betah dengan keindahannya.

Alamat Jalan Raya Piyungan – Prambanan No. 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan.

3. Tebing Breksi

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Tebing Breksi, bukan? Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata di dekat Candi Prambanan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Sesuai dengan namanya, di sini pengunjung bisa menemukan banyak tebing dengan corak yang khas dan menawan. Siapa sangka, wisata cantik ini dulunya merupakan bekas area pertambangan.

Wisatawan yang datang dikenakan tiket masuk yang terjangkau. Areanya yang luas juga membuat pengunjung bisa menghabiskan waktu liburannya di Tebing Breksi. Wisata yang satu ini juga menawarkan banyak spot menarik dan instagramable yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat Jalan Desa Lengkong, Gunung Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

4. Candi Plaosan

Pecinta tempat wisata sejarah? Tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi Candi Plaosan. Candi Plaosan juga menjadi salah satu rekomendasi wisata dekat Candi Prambanan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Untuk datang dan menjelajahi kawasan bersejarah ini, pengunjung dikenakan tiket masuk yang cukup terjangkau. Anda bisa melihat secara langsung bangunan candi yang unik dan megah serta keindahan di sekitarnya. Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang Candi Plaosan yang indah.

Terdapat pemandu wisata yang akan menjelaskan dan memberikan informasi mengenai Candi Plaosan kepada pengunjung yang datang. Sama halnya dengan Situs Ratu Boko, Candi Plaosan juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Wisata bersejarah ini juga pastinya nyaman untuk kita tadi karena menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

Alamat Jalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

5. Candi Sojiwan

Mengunjungi tempat rekreasi yang sekaligus menjadi sarana edukasi tentu menjadi pilihan yang tepat untuk didatangi bersama keluarga. Candi Sojiwan merupakan salah satu tempat wisata di dekat Candi Prambanan yang menarik untuk Anda kunjungi. Tak kalah indah dengan candi-candi lainnya, Candi Sojiwan juga memiliki bangunan yang sangat megah.

Anda tentu tidak perlu khawatir karena untuk masuk dan menjelajahi kawasan wisata Candi Sojiwan, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang terjangkau. Di kawasan candi ini, pengunjung bisa memilih untuk bersantai di bawah pohon dengan suasana yang sejuk dan rindang. Selain itu, Anda juga bisa berfoto-foto hingga belajar sejarah. Sangat keren bukan?

Alamat Jalan Banjarsari No. 12, Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

6. Spot Riyadi

Apakah Anda pernah mendengar tentang Spot Riyadi? Spot Riyadi merupakan tempat makan yang menyajikan berbagai menu lezat dan menawarkan pemandangan yang indah. Oleh karena itu, tak jarang Spot Riyadi dipilih sebagai salah satu tempat wisata di dekat Candi Prambanan yang banyak dikunjungi wisatawan.

Dari tempat ini, Anda bisa menikmati hamparan sawah yang hijau dari ketinggian. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyak pilihan spot foto yang menarik dan instagramable. Megahnya Candi Prambanan juga menjadi salah satu yang bisa Anda nikmati dari tempat ini. Ketika berencana untuk menghabiskan waktu berlibur di Candi Prambanan, tidak ada salahnya jika Anda memasukkan Spot Riyadi ke dalam daftar liburan Anda.

Alamat Jalan Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo.

7. Candi Banyunibo

Ada cukup banyak pilihan wisata di dekat Candi Prambanan yang menarik untuk Anda kunjungi, salah satunya adalah Candi Banyunibo. Candi ini sudah dibangun sejak abad ke-9 pada masa kerajaan Mataram Kuno. Pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan Candi Banyunibo. Setiap sisi candi dipenuhi dengan hiasan dan relief yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Dalam bahasa Jawa, banyunibo berarti air yang jatuh atau tetesan air. Namun saat mengunjungi tempat bersejarah ini, Anda tidak akan menemukan tetesan atau sumber air. Meskipun begitu, Candi Banyunibo sangat mempesona. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah dan bangunan candi yang megah.

Alamat Cepit, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

8. Candi Sambisari

Satu lagi rekomendasi wisata di dekat Candi Prambanan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Candi Sambisari. Candi ini memiliki area yang sangat luas. Pengunjung bisa masuk dan menjelajahi area candi dengan membayar biaya tiket masuk yang terjangkau. Selain bangunan candi yang megah dan masih sangat terawat, sekeliling bangunan Candi Sambisari juga terlihat hijau dan sejuk.

Alamat Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *