Sun. Mar 3rd, 2024

Kagum! TOP 7 Candi yang di Jawa Tengah, Sungguh Megah dan Menawan!

Kagum! TOP 7 Candi yang di Jawa Tengah, Sungguh Megah dan Menawan!Kagum! TOP 7 Candi yang di Jawa Tengah, Sungguh Megah dan Menawan!

Kagum! TOP 7 Candi yang di Jawa Tengah, Sungguh Megah dan Menawan! Candi-candi di Jawa Tengah menyajikan warisan sejarah yang menarik dengan cerita dan keindahan arsitektur yang menawan. Memiliki luas wilayah yang lebih kecil dari provinsi tetangganya, Jawa Tengah mampu menawarkan destinasi wisata yang kaya, terutama dalam konteks sejarah. Selain Candi Borobudur (Sobat juga dapat membaca Artikel sebelumnya yang mengenai Asal Usul Candi Borobudur disini ya) yang ikonik, Jawa Tengah juga memiliki sejumlah candi indah lainnya yang menawarkan pengalaman wisata sejarah yang tak terlupakan. Berikut adalah daftar candi di Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi.

Kagum! TOP 7 Candi yang di Jawa Tengah, Sungguh Megah dan Menawan!

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan, yang merupakan destinasi favorit kedua setelah Borobudur, memikat para pengunjung dengan keindahan arsitektur dan sejarahnya yang luar biasa. Kompleks Candi Prambanan menandai dirinya sebagai candi terbesar dan tertinggi di Indonesia, dengan keanggunan dan kemegahan strukturnya. Dibangun pada abad ke-9, candi ini masih ramai dikunjungi hingga saat ini. Tidak hanya merupakan mahakarya arsitektur lokal, tetapi juga merupakan salah satu bangunan bersejarah terbesar di Asia Tenggara. Pengakuan bergengsi dari UNESCO sebagai warisan dunia menegaskan makna sejarah dan kekayaan budayanya.

Lokasinya yang strategis, tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, menawarkan akses yang mudah bagi para pengunjung. Perjalanan ke Candi Prambanan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit, membuatnya layak untuk dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta. Aksesibilitasnya yang baik membuat Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk mencapai lokasi ini.

Ketika Anda tiba di kompleks Candi Prambanan, Anda akan merasakan atmosfer magis kejayaan masa lalu yang terpatri dalam setiap detailnya. Bentuk Arsitektur yang sangat lah megah, relief yang memukau, dan aura mistis sejarah kuno menjadi daya tarik utama di Candi Prambanan. Dengan adanya elemen-elemen yang mempesona, Candi Prambanan menawarkan pengalaman wisata sejarah yang tak terlupakan dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi oleh para pecinta sejarah dan keindahan arsitektur klasik.

Sobat juga dapat membaca Artikel sebelumnya yang mengenai Asal Usul Candi Prambanan disini ya….

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan yang terletak di daerah Bugisan, Klaten, menawarkan perjalanan melintasi waktu dengan kisah sejarah yang mengesankan. Dibangun pada pertengahan abad ke-9, candi ini menyimpan kisah penuh makna tentang kekuatan cinta dan toleransi. Kisah cinta antara Rakai Pikatan dan Pramodawardhani tercermin dalam arsitektur dan ornamen candi yang menakjubkan.

Candi Plaosan memiliki dua bagian yang utama, yaitu Plaosan Lor dan yang kedua merupakan Plaosan Kidul, yang masing-masing menawarkan keindahan dan keunikan tersendiri. Halaman yang luas dengan rerumputan hijau yang asri menciptakan suasana yang asri dan nyaman bagi setiap pengunjung. Pemisahan antara Plaosan Lor dan Plaosan Kidul menciptakan nuansa yang berbeda, memberikan pengalaman yang berbeda pula bagi yang menjelajahinya.

Jika Anda berada di pusat kota Yogyakarta, perjalanan menuju Candi Plaosan akan memakan waktu sekitar 20 km. Aksesibilitas yang baik, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, membuatnya mudah dijangkau. Sesampainya di Candi Plaosan, Anda akan merasakan ketenangan dan keindahan yang tak terlupakan. Hal ini tentu menjadikannya sebagai destinasi wisata sejarah yang layak untuk dijelajahi.

3. Candi Pringapus

Candi Pringapus yang berdiri kokoh di Desa Pringapus, Temanggung ini merupakan contoh seni tinggi dari masa lampau. Dibangun pada tahun 852 Masehi, candi ini menarik perhatian dengan ornamen pahatannya yang halus dan air kolamnya. Terletak di lereng Gunung Sindoro, candi ini memberikan suasana yang tenang dan nyaman bagi para pengunjung.

4. Candi Pawon

TOP 7 Candi Pawon, sebuah keajaiban arsitektur yang menakjubkan, berdiri tidak jauh dari kemegahan Candi Borobudur. Berlokasi di Wanurejo, Magelang, candi ini tidak hanya memukau dengan keindahan strukturnya, namun juga memiliki sejarah yang mendalam. Konon, di masa lalu nya itu, Candi Pawon digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata para raja. Hal ini tentu menambah kesan misterius dan penuh makna pada situs ini.

Perjalanan menuju Candi Pawon merupakan perjalanan yang singkat dan penuh pesona. Hanya dalam waktu sekitar 6 menit ke arah timur Candi Borobudur, Anda akan tiba di lokasi ini. Akses menuju candi ini cukup mudah, dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau melalui penyewaan transportasi lokal. Saat Anda melangkah menuju Candi Pawon, udara pegunungan yang segar akan menyambut Anda. Tentu saja menambah kesan damai dan menyenangkan dalam perjalanan ini.

Candi Pawon tidak hanya menjadi destinasi yang menarik bagi para penggemar sejarah, tapi juga tempat yang menyimpan jejak masa lalu. Arsitektur yang megah dan suasana alam yang menyegarkan membuat perjalanan ini lebih dari sekedar kunjungan. Melainkan sebuah petualangan yang menawan dan menghanyutkan. Candi Pawon dengan segala keunikan dan keindahannya layak menjadi destinasi favorit bagi para pecinta warisan budaya dan keindahan alam.

5. Candi Sukuh

Candi yang satu ini terletak di Desa Berjo, Karanganyar ini memukau pengunjung dengan bentuknya yang unik, hampir mirip dengan piramida Chichen Itza di Meksiko. Tidak hanya unik secara arsitektur tetapi juga memiliki relief yang menarik, meliputi simbolisme kesuburan dan kelangsungan hidup antargenerasi. Terletak di lereng Gunung Lawu, Candi Sukuh menawarkan kesejukan dan pemandangan yang spektakuler.

6. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo yang dibangun pada abad ke-9 Masehi ini menampilkan nilai historis yang menarik sekaligus memberikan pengalaman visual yang mengesankan. Bangunan Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, dekat Semarang. Candi ini menawarkan lebih dari sekedar peninggalan sejarah, dengan berbagai spot menarik untuk berfoto dan keindahan alam sekitarnya.

7. Candi Mendut

TOP 7 Candi Mendut merupakan peninggalan sejarah yang memikat. Kawasan ini dikenal memancarkan pesona kemegahan masa lalu dengan keberadaannya yang diperkirakan lebih tua dari Candi Borobudur. Lokasinya berada di daerah Mungkid, Magelang. Untuk candi yang satu ini menawarkan perjalanan sejarah yang kaya dan unik, hanya berjarak sekitar 2 km dari Candi Borobudur. Dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan menuju Candi Mendut dapat ditempuh kurang lebih sejauh 38 km ke arah barat laut.

Keistimewaan Candi Mendut tidak hanya terletak pada usianya, namun juga pada makna cerita yang terukir indah pada relief-reliefnya. Setiap detail candi ini menceritakan kisah-kisah yang menggugah, termasuk kisah seorang Brahmana dan kepiting. Selain itu, ada angsa dan kura-kura ceirta, hingga Dharmabuddhi dan Dustabuddhi. Keberadaan berbagai relief ini membuat Candi Mendut tidak hanya menjadi destinasi wisata, tapi juga sumber edukasi yang memperkaya pengetahuan.

Saat berkunjung ke Candi Mendut, pengunjung akan terpukau dengan pesona arsitektur klasiknya dan berkontemplasi dengan adanya relief-relief yang penuh makna. Candi ini merupakan pintu gerbang menuju keajaiban sejarah Jawa Tengah yang masih hidup dalam ingatan masa lalu. Dengan keunikan dan sejarahnya yang kaya, Candi Mendut memberikan pengalaman wisata yang mendalam dan edukatif. Hal ini menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi oleh para pecinta sejarah dan keindahan seni arsitektur kuno.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *