Tue. Jul 16th, 2024

10 Tips Jika Sobat Ingin Menginap di Hostel Biar Lebih Nyaman, Aman dan Tenang!

10 Tips Jika Sobat Ingin Menginap di Hostel Biar Lebih Nyaman, Aman dan Tenang!10 Tips Jika Sobat Ingin Menginap di Hostel Biar Lebih Nyaman, Aman dan Tenang!

10 Tips Jika Sobat Ingin Menginap di Hostel Biar Lebih Nyaman, Aman dan Tenang! Hostel belakangan ini menjadi alternatif pilihan menginap yang populer. Selain karena harganya yang murah, belakangan ini kerap bermunculan berbagai hostel dengan fasilitas dan interior yang instagramable sehingga menarik minat para pelancong, terutama traveler milenial. Nah, bagi Anda yang ingin menginap di hostel, berikut ini tips menginap di hostel.

10 Tips Jika Sobat Ingin Menginap di Hostel Biar Lebih Nyaman, Aman dan Tenang!

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Pastikan alamatnya jelas dan dekat dengan tempat wisata, stasiun, atau bandara. Jangan memaksakan diri untuk memesan hostel murah yang letaknya cukup jauh dari tempat wisata atau pusat kota, tentu saja hal tersebut bisa membuat Anda kerepotan. Tidak hanya itu, sebelum memesan sebaiknya Anda juga membaca review dari tamu yang pernah menginap dan pastikan hostel tersebut cukup baik untuk Anda tempati.

2. Perhatikan jenis kamarnya

Tips menginap di hostel selanjutnya adalah dengan memperhatikan tipe kamar yang akan Anda pesan. Anda harus memperhatikan apakah kamar di hostel tersebut untuk tamu pria dan wanita atau kamar khusus untuk tamu wanita saja.

 

Baca Juga :
Rekomendasi TOP 10 Hostel Murah Banget di Singapura Dijamin Bersih dan Nyaman Lho!

 

Biasanya penghuni wanita akan merasa tidak nyaman jika harus berbagi kamar dengan penghuni pria, sehingga Anda bisa memilih untuk memesan kamar khusus wanita atau jika Anda seorang pria, Anda mungkin bisa memesan kamar khusus pria. Dengan begitu Anda bisa merasa lebih tenang dan nyaman selama menginap di hostel.

3. Siapkan Perlengkapan Mandi Pribadi

Tips menginap di hostel selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah membawa perlengkapan mandi pribadi. Sebelum memutuskan untuk menginap di hostel, Anda harus tahu bahwa tidak semua hostel menyediakan peralatan mandi seperti sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dan handuk. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membawa perlengkapan mandi sendiri dari rumah.

Anda bisa membawa sabun, sampo dan pasta gigi dalam kemasan kecil atau travel size. Begitu juga handuk, Anda bisa membawa handuk ukuran kecil agar lebih mudah dibawa di dalam tas. Selain lebih nyaman, membawa perlengkapan mandi sendiri juga dijamin kebersihannya.

4. Bawa Sandal Sendiri

Tips menginap di hostel selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah membawa sandal sendiri. Biasanya hostel tidak memperbolehkan tamunya memakai sepatu atau sandal di dalam kamar. Biasanya hostel hanya menyediakan rak untuk menyimpan sepatu.

Nah, biasanya hostel telah menyediakan sandal khusus untuk penggunaan di dalam ruangan. Ada yang dipinjamkan secara gratis, ada pula hostel yang menyewakannya dan mengembalikannya saat check out. Namun ada juga hostel yang tidak menyediakan sandal untuk digunakan di dalam ruangan, sehingga Anda perlu membawa sandal sendiri agar bisa digunakan di dalam kamar.

5. Jaga Barang Pribadi

Salah satu tips menginap di hostel yang paling penting adalah menjaga barang-barang pribadi Anda. Biasanya setiap hostel telah menyediakan loker di dalam kamar atau di luar kamar untuk menaruh koper atau tas ransel Anda, sehingga Anda bisa menyimpan barang berharga Anda di sana.

Selain itu, Anda perlu membawa tas kecil yang berisi barang-barang penting Anda seperti paspor, KTP, SIM, dompet dan handphone. Jangan letakkan tas tersebut di loker, tapi bawalah tas kecil tersebut ke mana pun Anda pergi, termasuk jika Anda harus tidur atau ke kamar mandi.

6. Siapkan gembok Anda sendiri

Tips menginap di hostel yang satu ini masih berkaitan dengan menjaga barang pribadi Anda selama menginap di hostel, yaitu membawa gembok sendiri. Hostel biasanya menyediakan loker atau brankas dan kebanyakan diletakkan di luar kamar. Banyak hostel yang tidak menyediakan gembok, sehingga Anda perlu membawa gembok sendiri dari rumah.

Tidak hanya untuk mengunci loker, Anda juga bisa menggunakan gembok untuk mengunci ransel atau koper jika tidak muat di loker. Anda bisa menyimpannya di kamar Anda dengan memastikannya terkunci. Dengan membawa gembok sendiri, Anda dapat memberikan perlindungan ganda untuk barang-barang Anda.

7. Tetap Tenang

10 Tips menginap di hostel berikut ini juga tidak kalah pentingnya. Perlu Anda ketahui bahwa hostel adalah akomodasi bersama, jadi sangat penting untuk menjaga ketenangan di dalam kamar.

Hostel biasanya memberlakukan jam-jam tenang, misalnya mulai dari jam 10 malam atau 11 malam hingga keesokan harinya. Oleh karena itu, jika Anda menginap bersama teman, usahakan untuk tidak berbisik-bisik atau berbicara dengan suara keras. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan ruang tamu atau ruang rekreasi umum untuk mengobrol dengan teman-teman Anda.

8. Jangan Menelepon

Masih berkaitan dengan tips menjaga ketenangan di hostel, tips menginap di hostel yang satu ini adalah jangan menelepon di dalam ruangan atau kamar. Perlu diingat bahwa Anda tidak sendirian di dalam kamar dan mungkin saja ada penghuni lain yang sedang beristirahat di dalam kamar sehingga jika Anda menelepon akan sangat mengganggu.

Sebagai gantinya, Anda dapat melakukan panggilan di luar kamar, baik di lobi atau di lounge yang disediakan oleh hostel. Jangan lupa untuk mengecilkan volume nada dering ponsel Anda agar tidak mengganggu tamu lain saat ada panggilan masuk atau notifikasi.

9. Manajemen Waktu

Tidak hanya harus berbagi kamar dengan tamu lain, Anda juga harus berbagi kamar mandi dengan penghuni hostel lainnya. Untuk itu, tips menginap di hostel selanjutnya adalah pentingnya manajemen waktu, terutama saat mandi.

Jika Anda memiliki kebiasaan mandi lama, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut saat menginap di hostel. Hal ini juga demi kenyamanan penghuni hostel lainnya agar tidak perlu mengantri terlalu lama untuk menggunakan kamar mandi. Biasanya ada beberapa hostel yang memberlakukan batas waktu mandi, mulai dari 5 menit hingga 10 menit. Hal ini tidak hanya untuk kenyamanan Anda, tetapi juga untuk menghemat air.

10. Bersosialisasi

10 Tips terakhir untuk tinggal di hostel adalah bersosialisasi. Bisa dibilang, bersosialisasi dengan tamu lain di kamar adalah salah satu keuntungan menginap di hostel.

Tidak ada salahnya untuk berkenalan dan mengobrol dengan penghuni lain di kamar Anda. Jangan lupa untuk tersenyum, menyapa dan mengajukan pertanyaan sederhana seperti dari mana Anda berasal dan sudah berapa lama tinggal di kota ini. Dengan begitu Anda bisa menambah teman dari berbagai daerah bahkan dari berbagai negara. Namun jangan terlalu asyik mengobrol dan jangan lupa untuk menjaga privasi teman sekamar Anda yang ingin beristirahat atau tidur.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *