Thu. Jun 20th, 2024

Wisata Religi Sejarah 10 Tempat Umat Buddha, Wajib Sobat Kunjungi deh Guys!

By admin Jan 28, 2024 #Berita Hari Ini #Sejarah #UNESCO
Wisata Sejarah 10 Tempat Umat Buddha di Regili, Wajib Sobat Kunjungi deh Guys!Wisata Sejarah 10 Tempat Umat Buddha di Regili, Wajib Sobat Kunjungi deh Guys!

Wisata Religi Sejarah 10 Tempat Umat Buddha, Wajib Sobat Kunjungi deh Guys! Tempat-tempat bersejarah Buddha saat ini memang bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Buddha adalah tokoh terpenting dalam agama Buddha. Buddha mencetuskan ajaran agama Buddha yang saat ini menjadi agama terbesar ke-4 di dunia. Sama halnya dengan agama lain, umat Buddha juga memiliki tempat-tempat suci khusus untuk berziarah, ada juga beberapa situs penting agama Buddha yang tersebar di seluruh dunia. Nah, jika Anda sedang merencanakan perjalanan religi untuk mengikuti jejak Sang Buddha, berikut rekomendasi dari Storicise.

Wisata Religi Sejarah 10 Tempat Umat Buddha, Wajib Sobat Kunjungi deh Guys!

1. Bodh Gaya, Bihar

Tempat bersejarah Buddha yang pertama adalah Bodh Gaya. Bodh Gaya adalah sebuah kota yang terletak di distrik Gaya, di negara bagian Bihar, India.

Tempat ini dipercaya sebagai tempat di mana Buddha Gautama mencapai pencerahan di bawah pohon yang saat ini dikenal sebagai pohon Bodhi. Tidak heran jika Bodh Gaya menjadi salah satu tempat ziarah yang paling penting bagi umat Buddha. Saat ini, Bodh Gaya telah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2002.

2. Vaishali, Bihar

Selain Bodh Gaya, Vaishali juga merupakan salah satu kota kuno yang menjadi tempat bersejarah bagi umat Buddha di India. Kota ini kaya akan sejarah budaya dan agama, terutama yang berkaitan dengan Buddha Gautama.

 

Baca Juga :
9 Tempat Kisah Sejarah Peninggalan Kerajaan Kutai, Sobat Sudah Pernahkah Kunjunginya?

 

Vaishali adalah kota dimana Buddha Gautama menyampaikan khotbah terakhirnya sebelum wafat. Kota ini merupakan kota yang cukup sering dikunjungi oleh Buddha sehingga di sini Anda dapat melihat banyak peninggalan sejarah yang berkaitan dengan kehidupan Buddha. Banyak situs yang bisa ditemukan di kota Vaishali, seperti Stupa Ananda dengan pilar Ashoka dan Biara Kutagarasala serta Stupa Relik yang dibangun oleh Klan Licchavis.

3. Sarnath, Uttar Pradesh

Wisata sejarah 10 Tempat, Sarnath merupakan sebuah kota yang terletak di Distrik Varanasi di negara bagian Uttar Pradesh. Kota ini juga merupakan salah satu tempat bersejarah Buddha yang banyak dikunjungi oleh para peziarah, bahkan dari luar India.

Sarnath merupakan tempat suci dimana Buddha Gautama mengajarkan ajarannya berupa Darma. Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki lokasi yang indah dan tenang dengan stupa-stupa Buddha, museum dan deretan situs-situs kuno. Lingkungan yang tenang ini merupakan tempat dimana Buddha pertama kali menyampaikan ajarannya. Di sini Anda akan menemukan dua stupa yang dibangun oleh Raja Ashoka, yaitu Stupa Chaukandi dan Stupa Dhamek. Ada juga Museum Arkeologi yang memamerkan peninggalan Buddha dari zaman kuno.

4. Shravasti, Uttar Pradesh

Tempat bersejarah Buddha berikutnya adalah Shravasti. Shravasti adalah sebuah distrik di negara bagian Uttar Pradesh yang merupakan sebuah kota kuno dan dulunya dikenal dengan nama Kosala.

Shravasti merupakan kota yang sering dikaitkan dengan Buddha Gautama yang pernah tinggal di kota ini. Buddha Gautama menghabiskan sebagian besar waktunya selama 25 musim dan menghabiskan waktu di biara Jetavana 19 musim dan Pubbarama 6 musim. Kedua biara tersebut merupakan peninggalan Buddha yang dapat Anda kunjungi. Selain kedua biara ini, Anda juga akan menemukan stupa dan pohon Anandabodhi.

5. Kushinagar, Uttar Pradesh

Masih di negara bagian Uttar Pradesh, tempat bersejarah Buddha berikutnya adalah Kushinagar. Kushinagar adalah sebuah distrik yang juga merupakan pusat ziarah Buddha.

Distrik ini menjadi saksi ketika Buddha Gautama mencapai Parinirvana atau nirwana setelah kematiannya. Distrik Kushinagar memiliki banyak peninggalan bersejarah berupa biara dan stupa. Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi adalah Mahaparinirvana, yang dikatakan sebagai tempat peristirahatan terakhir Sang Buddha.

6. Gua Karla dan Gua Bhaja, Maharastra

Tempat bersejarah Buddha berikutnya adalah Gua Karla dan Gua Bhaja. Kedua gua yang terletak di Maharastra ini berasal dari abad ke-2 SM.

Gua ini cukup sepi karena tidak banyak pengunjung yang datang ke gua ini. Yang menarik, gua ini memiliki sebuah ruang sembahyang dengan stupa di bagian depan. Ukuran ruang sembahyang tersebut memiliki panjang 40 meter dengan tinggi 15 meter.

7. Sanchi, Madhya Pradesh

Sanchi merupakan sebuah kompleks Buddha yang terletak di Distrik Raisen di negara bagian Madhya Pradesh. Tempat ini terkenal dengan stupa besarnya dan bisa dibilang merupakan struktur batu tertua di India.

Tidak hanya itu, struktur yang terkenal adalah kubahnya yang memiliki tinggi 50 kaki dan diameter 30 meter. Bangunan ini dibuat untuk menghormati Sang Buddha, tetapi juga menjadi tempat penyimpanan relik Sang Buddha. Tidak hanya terdapat stupa Sanchi, tetapi juga terdapat Pilar Ashoka dan gerbangnya yang menunjukkan tahapan kehidupan dari Buddha hingga pencerahan.

8. Biara Kunci, Himachal Pradesh

Tempat bersejarah Buddha lainnya juga masih berada di India, tepatnya di negara bagian Himachal Pradesh, yaitu Key Monastery atau yang juga dikenal dengan nama Kye Gompa.

Key Monastery adalah sebuah biara yang terletak di perbatasan Tibet, tepatnya di sebuah lembah yang bernama Lembah Spiti.

Key Monastery adalah biara terbesar tempat para Lama dilatih. Lama adalah gelar kehormatan yang diberikan kepada seorang bhikku atau bhikkuni dan merupakan gelar guru Dharma. Biara ini juga pernah diserang oleh bangsa Mongol sekitar abad ke-17 ketika masih dipimpin oleh Dalai Lama ke-5.

9. Gunung Kailash, Tibet

Dari India, kita beralih ke Tibet. Di Tibet Anda juga akan menemukan salah satu tempat bersejarah bagi umat Buddha, yaitu Gunung Kailash.

Gunung Kailash merupakan gunung tertinggi di dunia yang belum pernah didaki oleh pendaki biasa. Gunung setinggi 6.638 mdpl ini memiliki peran penting bagi empat kepercayaan terbesar yang tersebar di Asia Selatan, seperti Budha, Hindu, Jain dan Bonpo. merupakan tempat di mana para pengikut ajaran-ajaran tersebut melakukan ritual lengkap dengan berjalan mengelilingi kaki gunung.

10. Narita-san Shinshoji, Jepang

Tempat bersejarah Buddha yang terakhir adalah Narita-san Shinshoji di Jepang. Narita-san Shinshoji berarti Kuil Kemenangan Baru di Gunung Narita.

Kuil ini merupakan kuil Buddha Shingon yang terletak di pusat kota Narita, Chiba, Jepang. Tempat ibadah ini sering dikunjungi oleh pengunjung untuk berdoa atau mengadakan acara keagamaan. Tidak hanya itu, kuil ini juga menjadi tempat diselenggarakannya berbagai festival keagamaan penting.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *