Sun. Mar 3rd, 2024

Menhub Blak-blakan Masalah Rangkaian Kecelakaan Kereta Api, Faktor Keselamatan menjadi Fokus

Menhub Blak-blakan Masalah Rangkaian Kecelakaan Kereta Api, Faktor Keselamatan menjadi Fokus. Menteri Perhubungan Budi Kreasi Sumadi melangsungkan rapat koordinir sektor perkeretaapian di Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur, Minggu (21/1), yang didatangi beberapa faksi yaitu Ditjen Perkeretaapian, PT KAI, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan Pemerintahan Wilayah di Jawa Timur.

Dalam tatap muka itu, Menhub mengutamakan ke semua peserta rapat koordinasi jika faktor keselamatan ialah hal khusus yang perlu jadi perhatian.

Menhub menerangkan, beberapa saat terakhir terjadi beberapa peristiwa kecelakaan di bidang perkeretaapian, salah satunya yakni: Kecelakaan yang mengikutsertakan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya, KA Pandalungan yang jeblok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, dan peristiwa di pelintasan sebidang di beberapa wilayah seperti Klaten, Banyuwangi, dan Tebing Tinggi.

Ini hari kami mengulas bersama mengikutsertakan elemen berkaitan, untuk menilai dan mengusahakan pembaruan-perbaikan yang perlu dilaksanakan seluruh pihak. Saya mengutamakan jika nomor satu ialah safety,” sebut Menhub selesai mengevaluasi Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur.

Menhub memperjelas, pemerintahan bersama seluruh penopang kebutuhan memiliki komitmen penuh jaga keselamatan perkeretaapian dan jaga keyakinan warga, terutama pemakai setia atau pencinta kereta api.

“Kami terus akan lakukan beberapa upaya pembaruan supaya warga merasa nyaman dan aman memakai kereta api,” katanya.

Sementara itu Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono sampaikan umumnya di mekanisme perkeretaapian telah jalan secara baik. Dia menulis jika sekian tahun ini tingkat kecelakaan di kereta api sangat rendah.

Menhub Blak-blakan Masalah Rangkaian Kecelakaan Kereta Api, Faktor Keselamatan menjadi Fokus

Menhub Blak-blakan Masalah Rangkaian Kecelakaan Kereta Api, Faktor Keselamatan menjadi Fokus

Beberapa cara dipersiapkan Kemenhub untuk tingkatkan faktor keselamatan perkeretaapian. Salah satunya yakni: terus lakukan pembangunan lajur double dan kenaikan kualitas lajur kereta sama sesuai standard trek quality indeks (TQI). Kelompok 1 dan 2 sampai 94% dari keseluruhan keseluruhnya lajur kereta api di Indonesia di tahun 2024. Dan, menilai mekanisme persinyalan dan jalankan penyelenggaraan operasional kereta api sesuai standar operational procedure (SOP) yang sudah diputuskan,

Disamping itu, Kemenhub terus berusaha tangani pelintasan sebidang kereta api dengan mengikutsertakan beberapa faksi seperti Kementerian PUPR. Pemerintahan Wilayah, dan penopang kebutuhan berkaitan.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *