Fri. May 10th, 2024

TOP 9 Biara Buddha Terkenal Horornya di Nepal, Perjalanan yang Penuh dengan Spiritual!

TOP 9 Biara Buddha Terkenal Horornya di Nepal, Perjalanan yang Penuh dengan Spiritual!TOP 9 Biara Buddha Terkenal Horornya di Nepal, Perjalanan yang Penuh dengan Spiritual!

TOP 9 Biara Buddha Terkenal Horornya di Nepal, Perjalanan yang Penuh dengan Spiritual! Nepal merupakan negara yang tidak hanya dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, namun juga dikenal sebagai negara yang memiliki religiusitas yang tinggi. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke Nepal untuk berziarah atau melakukan perjalanan spiritual di sana.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan spiritual, Anda bisa datang ke sana untuk mengunjungi biara-biara Budha yang terkenal di Nepal. Mungkin Anda akan menemukan kemurnian hati selama perjalanan spiritual. Di mana saja biara-biara Budha terkenal di Nepal yang bisa sobat GoTravelly kunjungi? Simak artikel di bawah ini, yuk!

TOP 9 Biara Buddha Terkenal Horornya di Nepal, Perjalanan yang Penuh dengan Spiritual!

1. Biara Kopan

Kopan Gumba adalah sebuah biara Buddha Tibet yang terletak di sebuah bukit di kota Kathmandu. Biara yang dibangun oleh Lama Thubten Nohe ini merupakan salah satu biara yang memiliki banyak pengunjung setiap tahunnya.

Siapapun bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan, seperti pelatihan pikiran, karma, kematian, Bodhicitta, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan agama Buddha. Waktu pelatihan yang diadakan di Vihara Kopan bervariasi. Selain itu, Kopan juga menawarkan kursus singkat yang berkaitan dengan pengobatan Tibet dan lukisan Thangka.

Biara Kopan akan membuat Anda merasa damai, ini juga menjadi salah satu alasan kuat para wisatawan yang berkunjung ke sana. Jika Anda hanya ingin berkunjung, Anda dapat menikmati suasana damai. Di sisi lain, Anda juga bisa menikmati berbagai masakan vegetarian yang super lezat setelah berkeliling biara.

2. Vihara Swayambhunath

Biara Swayambhunanth terletak di puncak bukit Semgu di sisi barat Kathmandu. Biara ini terdiri dari stupa-stupa berkubah yang berdiri megah. Selain biara Swayambhunanth, Anda juga akan menemukan banyak kuil di sekitarnya.

Biara yang menjadi tujuan para peziarah Kathmandu ini memiliki kuil-kuil dengan keunikan tersendiri. Tidak hanya itu, ketika Anda datang ke Swayambhunanth, Anda akan disambut oleh kawanan monyet yang berada di sekitar biara. Hal inilah yang membuat vihara Swayambhunanth sering disebut sebagai kuil monyet.

Tidak hanya itu, saat berada di vihara Swayambhunanth cobalah untuk mengelilingi kuil karena ada legenda yang menceritakan bahwa kuil di sana dapat menghapus dosa.

3. Vihara Boudhanath

Vihara ini merupakan sebuah stupa yang pada tahun 1979 diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Stupa Boudhanath juga dikenal dengan nama Chorten Chenpo yang berarti menara besar. Stupa Boudhanath merupakan salah satu stupa terbesar di Nepal dan terbesar di dunia.

Boudhanath, yang hanya berjarak sekitar 11 km dari Kathmandu, dipercaya sebagai tempat untuk menghapus dosa-dosa kita di masa lalu. Jika Anda mau, Anda bisa mencoba berjalan mengelilingi stupa-stupa di Boudhanath. Ketika Anda berjalan lebih dalam, Anda akan melihat sebuah monumen meditasi besar yang berdiri tepat di tengah-tengah biara. Ini adalah titik pusat pemujaan.

4. Biara Sera

Biara Sera adalah lembaga pendidikan bagi para biksu untuk menjalani tahapan-tahapan dalam peran mereka. Dibangun oleh Jamchen Chojec Sakya Yeshe, biara ini membutuhkan banyak waktu.

Saat berada di Biara Sera, Anda akan mendengar lantunan kitab suci Buddha yang tak pernah berhenti dari para Lama. Anda juga dapat tinggal dan menyatu dengan ketenangan di area biara yang luas.

Nikmati ribuan mural yang tergambar di dinding di seluruh bangunan biara Sera. Anda juga dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai sejarah atau aktivitas Biara Sera dari perpustakaan yang ada di sana.

5. Biara Lumbini

Lumbini adalah situs warisan dunia UNESCO yang menjadi tempat kelahiran Buddha dan tempat ziarah umat Buddha. Terletak di distrik Kapilavastu, Nepal, Lumbini adalah salah satu tempat terpenting dalam sejarah agama Buddha.

Kompleks Lumbini merupakan salah satu tujuan ziarah yang banyak dikunjungi wisatawan. Di sana Anda akan menemukan banyak biara dan candi tua. Setiap wihara di Lumbini memiliki gaya arsitektur yang berbeda-beda.

Selain vihara dan pura, Anda juga akan disambut dengan berbagai fasad dan lukisan yang indah di setiap sudut vihara. Tempat ikonik di Lumbini adalah Mayadevi, tempat suci di mana Siddharta Gautama dilahirkan. Anda akan melihat kolam suci Pushkarini dan stupa Ashoka yang berasal dari tahun 249 SM. Kedua tempat tersebut merupakan lokasi yang menarik banyak wisatawan.

Jika Anda menyukai petualangan, Anda dapat mencoba perjalanan Lumbini yang akan membawa Anda melewati situs-situs bersejarah dan beberapa desa yang penuh dengan budaya lokal.

6. Biara Ganden

yang berdiri di ketinggian 3800m di atas permukaan laut, adalah komunitas religius pertama dan paling penting dari Sekte Gelug dari agama Buddha. Biara Ganden adalah tempat yang diasosiasikan dengan kedamaian dan ketenangan.

Terletak di gunung Wangbori dan sudah ada sejak tahun 1409. Jika Anda ingin mengetahui dan belajar banyak tentang spiritualitas, Anda bisa datang ke Biara Ganden.

Ketika Anda mengunjungi biara Ganden, Anda dapat mengunjungi bagian halaman debat, di mana Anda dapat melihat dan merenungkan bagaimana ratusan Lama melakukan debat publik untuk memahami doktrin Buddha Tibet.

Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi Shartse Dratsang dan Jangtse Dratsang terbesar di biara Ganden. Anda akan mendengar suara ratusan biksu melantunkan kitab suci bersama-sama.

7. Biara Shechen

adalah salah satu biara Buddha yang paling terkenal. Biara ini memiliki keunikan dengan 150 patung yang memenuhi biara. Selain itu, biara Shechen juga memiliki perpustakaan Tibet terbesar di dunia. Shechen merupakan salah satu dari enam biara Nyingma (tradisi kuno) utama yang terkenal dengan spiritualitasnya yang murni.

8. Biara Drepung

Biara Drepung terletak di kaki gunung Gephel dan merupakan biara terbesar di Tibet. Drepung juga merupakan biara terbesar di seluruh dunia yang dapat menampung lebih dari 7000 biksu.

Ketika Anda datang ke biara Drepung, Anda akan melihat banyak koleksi relik yang terawat dengan baik di sana. Selain itu, Anda juga bisa melihat patung Manjushri Bodhisattva dan Sitatapatra di Vihara Drepung yang terletak di lantai satu aula Cogen.

9. Biara Amitabha

TOP 9 Biara Buddha Terkenal Biara Amitabha atau Biara Putih (dalam bahasa Nepal Seto Gumba) adalah sebuah biara yang terletak di puncak gunung Druk Amitabha. Di dalam biara yang menjadi pusat latihan spiritual ini terdapat aula besar yang dapat menampung kurang lebih 2000 orang.

Selain aula besar, Vihara Amitabha juga memiliki perpustakaan dan kantor administrasi untuk silsilah Drukpa. Biara yang menjadi rumah bagi 300 biarawati ini juga menyediakan tempat perlindungan bagi hewan-hewan yang terlantar dan memiliki kebun sayur yang luas.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *