Fri. Feb 23rd, 2024

Diskusi Calon presiden Diadakan Malam Ini, Anies dan Ganjar Disebutkan Tidak Punyai Beban

Diskusi Calon presiden Diadakan Malam Ini, Anies dan Ganjar Disebutkan Tidak Punyai Beban. Komisi Pemilihan Umum (KPU) melangsungkan diskusi calon presiden calon wakil presiden ke-3 di Istana olahraga Senayan jam 19.00 WIB. Topik diskusi calon presiden ini kali ialah Pertahanan, Keamanan, Jalinan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Taktikc Affairs (INDOSTRATEGIC), Ahmad Khoirul Umam. Topik diskusi mengenai pertahanan-keamanan dan geopolitik memang condong jadi Prabowo sekali. Selainnya sebagai Menhan, Prabowo adalah salah satu Calon presiden dari background militer antara calon yang lain berdasar belakang sipil.

“Hingga, bila Calon presiden 02 sanggup memimpin materi diskusi, karena itu Calon presiden 01 dan 03 dapat dibikin jadi ‘belimbing sayur’ yang siap dilumat oleh 02,” katanya ke reporter, Minggu (7/1/2024).

Walau begitu, hal tersebut malah membuat Anies dan Ganjar tidak punyai beban. Bahkan juga, bila Anies dan Ganjar dapat menyeimbangi Prabowo atau tampil lebih impresif, Calon presiden 01 dan 03 dapat mengambil point dari teror supremasi 02.

Dalam pada itu, lanjut ia, ada di belakang Ganjar ada beberapa figur seperti bekas Panglima TNI Andika Gagah, bekas Gubernur Lemhannas, dan yang lain. Maknanya, Calon presiden 01 dan 03 punyai perbekalan dan jangan dilihat mata sebelah oleh tim 02.

“Materi gempuran 01 dan 03 nampaknya bisa banyak ditujukan pada faktor netralitas dan independensi TNI-POLRI; responsibilitas bujet pertahanan, sampai transparan penyediaan alat khusus mekanisme persenjataan,” katanya.

Diskusi Calon presiden Diadakan Malam Ini, Anies dan Ganjar Disebutkan Tidak Punyai Beban

Diskusi Calon presiden Diadakan Malam Ini, Anies dan Ganjar Disebutkan Tidak Punyai Beban

Menurut Umam, saat memberi respon itu, tim 02 sudah coba membuat barikade dan taktik pengamanan, termasuk dengan tunda, bukan hentikan pembelian pesawat Mirage dari Qatar yang diperhitungkan tim 03 simpan kekuatan mark up bujet penyediaan Alutsista. Pembicaraan mengenai bujet pertahahan yang dipandang terlewati tinggi ketika tidak ada teror militer external langsung, nampaknya akan dipermasalahkan.

“Sebagai Menhan, Prabowo pasti dapat memakai argumen doktrin militer “Sivis Pacem Beberapa Bellum. Sebagai argument kenapa bujet pertahanan masih tetap tinggi. Tetapi keterangan detil berkaitan fokus pembangunan kemampuan pertahanan nasional teruslah diperluka. Terang Dosen Pengetahuan Politik dan International Studies Kampus Paramadina ini.

Menurut dia, claim mengenai sikap politik luar negeri Indonesia ihwal kemerdekaan Palestina. Sumpah pada Israel, tanggapan pada persaingan dua super power (AS-China) di teritori Indo-Pasifik. Termasuk pelemahan kesolidan ASEAN bisa menjadi konsentrasi pembicaraan. Yang paling penting, Calon presiden harus dapat menerangkan supaya peraturan politik luar negeri Indonesia. Harus benar-benar menyambung dengan kebutuhan nasional dalam negeri.

“Karenanya, bila Capres-Cawapres ingin memperoleh point kuat dalam diskusi ini kali. Karena itu keterangan mengenai taktik diplomasi ekonomi dan perdagangan harus jadi memperoleh perhatian khusus. Supaya peraturan Polugri Capres-Cawapres kelak berpengaruh benar dalam ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dalam negeri. Terutama bidang UMKM nasional yang menyerap 90 % lebih tenaga kerja kita,” tutur ia.

Berkaitan dengan kepopuleran Prabowo-Gibran, sekarang ini dikatakannya relatif telah terkonsolidasi, walaupun diperlukan kerja sangat keras untuk capai sasaran menang satu perputaran. Supaya bisa tampil bersaing, pasangan Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud harus membuat banyak point lewat diskusi ke-3 ini.

“Supaya bisa membuat point politik, kemungkinan besar Anies dan Ganjar akan memakai lagi taktik komunikasi serang (offensive), dan Prabowo akan condong protektif atau bertahan,” tutur ia.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *