Fri. Feb 23rd, 2024

Wisata ke Italia Wajib Coba Ciri Khas 11 Rotinya yang Rasanya Delizioso!

Wisata di Italia Wajib Coba Ciri Khas 11 Rotinya yang Rasanya Delizioso!Wisata di Italia Wajib Coba Ciri Khas 11 Rotinya yang Rasanya Delizioso!

Roti Italia merupakan salah satu kuliner khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sana. Roti Italia memang memiliki banyak bentuk dan nama yang berbeda, hal ini dikarenakan penyajian dari setiap roti yang berbeda. Biasanya di Italia roti disajikan dengan cara diiris, diberi topping atau isian yang lezat. Tak heran, jika Anda mampir ke restoran Italia, Anda akan disuguhi sajian roti yang lezat.

Rupanya, hal ini merupakan cara agar pengunjung tidak merasa bosan saat menunggu hidangan utama. Selain itu, sajian roti juga dapat menahan rasa lapar pengunjung. Nah, jika Anda penasaran apa saja jenis roti khas Italia yang lezat,

Rekomendasi 11 Roti Ciri Khas Italia :

1. Bisciola

Roti khas Italia pertama yang wajib Anda coba adalah bisciola. Bisciola merupakan makanan penutup khas Valtellina, yaitu sebuah lembah di wilayah Lombardy yang berbatasan dengan Swiss.

Bisciola adalah roti yang berisi buah-buahan kering, seperti buah ara dan kismis, kacang-kacangan berupa kacang kenari, hazelnut atau kacang pinus dan dibuat dengan mentega dan telur. Mungkin biciola bukanlah salah satu jenis roti yang cocok untuk dinikmati saat berdiet, namun roti ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai roti buah yang lezat.

2. Biscotti

Bisa dibilang posisi roti khas Italia ini sedikit membingungkan karena secara teknis biscotti adalah sejenis biskuit. Bicotti adalah biskuit almond khas Italia yang berasal dari kota Prato di Tuscany.

Biscotti adalah roti yang terbuat dari tepung, telur, gula, kacang pinus dan kacang almond yang tidak dipanggang atau dikuliti. Resep tradisional ini untuk membuat roti biasanya tidak ada menggunakan ragi atau lemak maupun dimasak dua kali.

3. Friselle

Roti Italia berikutnya yang memiliki rasa yang tak kalah lezat adalah friselle. Friselle merupakan jenis roti biscotti yang diolah dengan dua kali pemanggangan. Roti yang satu ini berasal dari daerah di Puglia.

Roti ini memiliki ukuran yang kecil dan dipanggang setengah matang kemudian dikeluarkan dari oven dan dibelah dua. Selanjutnya dipanggang lagi hingga keras dan kering. Tekstur friselle lebih mirip biskuit dan tahan lama. Biasanya, friselle direndam dalam air atau disiram dengan minyak zaitun dan ditambahkan dengan tomat untuk dijadikan makanan berat.

4. Pane Carasau

Pane Carasau adalah roti pipih bundar yang berbentuk lembaran dengan ketebalan kurang dari satu milimeter, sehingga terlihat seperti kertas. Roti lapis ini memiliki diameter sekitar 40 sentimeter yang kemudian dipotong menjadi empat bagian dalam bentuk segitiga besar.

Pane Carasau Roti Italia ini juga sering dikenal dengan sebutan carta musica atau kertas musik, hal ini dikarenakan suara roti saat dikunyah terdengar seperti kertas. Roti ini memiliki rasa yang netral dan cocok disantap dengan semua makanan. Carasau juga cocok dipilih sebagai bahan alternatif saat membuat lasagna yang berbeda.

5. Pane Casareccio

Roti khas Italia ini mungkin adalah roti yang paling sering ditemukan, pane casareccio. Umumnya, orang Italia membeli roti ini dalam bentuk setengah atau utuh dari toko roti. Bahkan, Anda bisa memilih roti yang asin, tawar, gandum durum, gandum utuh, roti sereal dan jenis lainnya.

Pane Casareccio adalah roti yang sempurna untuk dicelupkan ke dalam sup sayuran atau diiris dan ditaburi keju. Kerak roti ini adalah keistimewaannya karena memiliki kulit yang keras dan renyah, namun tetap lembut di bagian dalam.

6. Panettone

Selain Pane Casareccio, Panettone adalah roti Italia lainnya yang terkenal. Panettone merupakan jenis roti manis khas Italia yang berasal dari Milan dan roti ini biasanya disajikan pada saat hari raya Natal.

Panettone dapat ditemukan dalam banyak variasi, sedangkan panettone terdiri dari manisan jeruk, kulit lemon, sitrun dan ada juga yang polos atau cokelat. Tidak hanya rotinya saja yang tersedia dalam berbagai versi, tetapi juga cara menikmatinya. Roti ini biasanya disajikan dengan cara diiris dan ditemani dengan minuman panas. Namun, di bagian lain di Italia, roti ini dinikmati dengan tambahan crema di mascarpone.

7. Borlengo

Roti khas Italia selanjutnya yang tak kalah lezat adalah Borlengo. Borlengo adalah roti tipis yang mirip dengan crepe. Roti jenis ini bisa ditemukan di beberapa daerah di Italia, seperti Modena yang dekat dengan Bologna.

Borlengo termasuk dalam roti cucina povera, yang berarti roti miskin karena hanya terbuat dari air dan tepung. Hal ini dikarenakan roti ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan saat pengepungan Kastil Monteballaro yang terjadi pada tahun 1200-an.

8. Tigella

Tigella adalah salah satu jenis roti khas asal Italia yang tak kalah unik karena memiliki bentuk cakram. Tekstur pada bagian luarnya renyah sedangkan bagian dalamnya lembut. Roti ini dipanggang dengan menggunakan cetakan tanah liat khusus.

Biasanya diberi olesan yang terbuat dari lardo, bawang putih, rosemary, dan keju Parmigiano-Reggiano. Seringkali, cetakannya memiliki simbol dekoratif di kedua sisinya.

9. Ciabatta

Roti Italia yang wajib dicoba berikutnya adalah ciabatta. Ciabatta adalah roti yang populer secara internasional yang diciptakan oleh seorang tukang roti di Verona pada tahun 1982.

Jika Anda pernah makan panini, panini tradisional Italia adalah roti lapis panggang yang terbuat dari roti ciabatta berukuran kecil. Ciabatta sendiri dikatakan mirip dengan baguette Perancis. Faktanya, kedua roti ini memiliki perbedaan ketika dicium dan dicicipi. Produksi ciabatta pertama kali dilakukan pada tahun 1982 dan dibuat oleh Arnaldo Cavallari. Ia menamai roti tersebut ciabatta polesana yang diambil dari nama Polesine, daerah tempat tinggalnya. Jika Anda ingin mencoba ciabatta dengan nama yang spesial, maka Anda harus mencoba ciabatta al latte, yaitu variasi ciabatta yang resepnya menggunakan susu.

10. Schiacciata

Schiacciata adalah roti khas Italia yang diproduksi di Tuscany dan Umbria. Roti ini terbuat dari tepung, ragi, minyak zaitun, gula dan bir.

Schiacciata berarti ditekan. Disebut demikian karena dalam proses pembuatannya adonan ditekan dengan jari saat dimasukkan ke dalam wajan atau penggorengan. Roti ini memiliki tekstur yang renyah, namun lembut dan lembab. Topping apa saja bisa digunakan untuk roti ini. Anda bisa menambahkan tomat, keju, bawang putih atau oregano.

11. Focaccia

Roti Italia yang terakhir adalah focaccia. Focaccia adalah salah satu roti yang paling populer dan sering dibumbui dengan rempah-rempah.

Nama focaccia berasal dari bahasa Laitn yang berarti perapian. Jika dipanggang dengan benar, bintik-bintik akan muncul pada roti ini. Dalam cara memanggang asli Romawi, roti ini dimasak di atas bara api.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *