Thu. Jun 20th, 2024
Profil Tim dan Daftar Pemain untuk Timnas Georgia di Euro 2024Profil Tim dan Daftar Pemain untuk Timnas Georgia di Euro 2024

Profil Tim dan Daftar Pemain untuk Timnas Georgia di Euro 2024 Profil, daftar pemain, dan jadwal tim nasional Georgia untuk Euro 2024. Tim nasional Georgia lolos ke putaran final Euro 2024 setelah berjuang melalui babak play-off.

Profil Tim dan Daftar Pemain untuk Timnas Georgia di Euro 2024

Euro 2024 merupakan sejarah baru bagi timnas Georgia. Sebab, ini merupakan keikutsertaan pertama mereka di turnamen besar. Sebelumnya, timnas Georgia belum pernah tampil di ajang Euro maupun Piala Dunia.

Jalan timnas Georgia untuk tampil di Euro tidaklah mudah. Timnas Georgia gagal total di fase grup dengan menempati peringkat 4 klasemen Grup A. Beruntung, mereka lolos ke babak play-off melalui jalur UEFA Nations League.

Di babak play-off, Georgia menang 2-0 atas Luksemburg dan menang adu penalti 4-2 atas Yunani. Ini merupakan kemenangan bersejarah karena mereka lolos ke Euro 2024.

Di Euro 2024, tim nasional Georgia berada di grup yang sulit, yaitu Grup F. Mereka harus bersaing dengan salah satu unggulan, Portugal. Selain Georgia dan Portugal, Grup F juga dihuni oleh Turki dan Republik Ceko.

Pemain Bintang Khvicha Kvaratskhelia

Kvaratskhelia merupakan pemain yang paling menonjol di timnas Georgia. Pada babak kualifikasi Euro 2024, Kvaratskhelia berhasil mencetak empat gol dan satu assist dalam 11 pertandingan yang dimainkan.
Nama Kvaratskhelia mencuat ketika pindah ke Napoli pada musim 2022/2023. Sebagai pengganti Lorenzo Insigne, Kvaratskhelia langsung tancap gas dengan membawa Napoli meraih Scudetto. Kvaratskhelia membuat 12 gol dan 13 assist pada musim tersebut.

Musim 2023/2024, performa Napoli menurun drastis. Meski begitu, Kvaratskhelia mampu mempertahankan konsistensinya. Dia membuat 11 gol dan delapan assist dari 34 pertandingan di Serie A.

Salah satu kelebihan Kvaratskhelia adalah menggiring bola. Ia mampu melewati ruang sempit, masuk ke kotak penalti, dan melakukan eksekusi.

Profil Pelatih: Willy Sagnol

Willy Sagnol bukanlah nama yang asing. Ia memiliki karir yang gemilang bersama Bayern Munchen sebagai pemain. Sagnol juga memiliki 58 caps di tim nasional Prancis.

Sagnol pernah menjadi pelatih Bordeaux dan Prancis U-21. Bordeaux juga pernah menjadi pelatih sementara Bayern Munich.

Sebagai pemain, Sagnol memiliki prestasi yang sangat baik. Ia menjadi bagian dari Bayern saat menjuarai Liga Champions 2001. Sagnol juga memiliki andil saat Prancis melaju ke final Piala Dunia 2006.

Namun, sebagai pelatih, Sagnol masih perlu membuktikan diri. Euro 2024 akan menjadi ajang penting bagi Sagnol untuk membuktikan kualitasnya.

Skuat tim nasional Georgia

Berikut ini adalah daftar pemain tim nasional Georgia di Euro 2024:

Penjaga gawang: Giorgi Loria (Dinamo Tbilisi), Giorgi Mamardashvili (Valencia), Luka Gugeshashvili (Qarabag).
Gelandang: Guram Kashia (Slovan Bratislava), Otar Kakabadze (Cracovia), Solomon Kvirkvelia (Al-Okhdood), Lasha Dvali (APOEL), Jemal Tabidze (Panetolikos), Luka Lochoshvili (Kreta), Giorgi Gocholeishvili (Shakhtar Donetsk), Giorgi Gvelesiani (Persepolis).
Gelandang: Jaba Kankava (Slovan Bratislava), Nika Kvekverskiri (Lech Poznan), Otar Kiteishvili (Sturm Graz), Saba Lobzhanidze (Atlanta United), Zuriko Davitashvili (Bordeaux), Giorgi Chakvetadze (Watford), Levan Shengelia (Panetlikos), Giorgi Tsitaishvili (Dinamo Batumi), Anzor Mekvabishvili (Universitatea Craiova), Giorgi Kochorashvili (Levante), Sandro Altunashvili (Wolfsberger AC).
Penyerang: Giorgi Kvilitaia (APOEL), Khvicha Kvaratskhelia (Napoli), Budu Zivzivadze (Karlsruher SC), Georges Mikautadze (Metz).

Jadwal pertandingan Georgia di Euro 2024

Berikut ini adalah jadwal lengkap pertandingan Georgia di babak penyisihan grup Euro 2024:

Selasa, 18 Juni 2024
23.00 WIB: Turki vs Georgia

Sabtu, 22 Juni 2024
20.00 CET: Georgia vs. Ceko

Kamis, 27 Juni 2024
02.00 WIB: Georgia vs Portugal

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *