Fri. Apr 26th, 2024
Rekapan Lengkap Tentang Euro 2024: JermanRekapan Lengkap Tentang Euro 2024: Jerman

Rekapan Lengkap Tentang Euro 2024: Jerman Piala Euro 2024, sebelum Anda menyaksikan turnamen pada 14 Juni – 14 Juli 2024.

Serba-serbi Euro akan dibahas dalam artikel ini, berbagai topik mulai dari stadion, negara peserta, maskot Euro, hingga juara bertahan sebelumnya. Daripada penasaran, yuk simak di bawah ini!

Rekapan Lengkap Tentang Euro 2024: Jerman

1. Maskot

Seperti penyelenggaraan turnamen sepak bola dunia lainnya, salah satu yang menjadi sorotan adalah maskot, Jerman sebagai tuan rumah juga mengadopsi maskot unik bernama Albärt. Albart yang berbentuk boneka beruang ini merupakan maskot resmi Kejuaraan Eropa 2024 di Jerman.

Uniknya dalam menentukan maskot ini, Jerman mengikutsertakan anak-anak sekolah di seluruh Eropa melalui program UEFA Football In Schools. Ada beberapa nama yang diusulkan seperti Bärnardo, Bärnheart dan Herzi von Bär namun yang terpilih adalah Albärt yang menang dengan perolehan 32% suara.

Inspirasi dari maskot ini adalah seekor beruang kecil yang merupakan teman yang sempurna bagi setiap penggemar sepak bola. Diharapkan dengan diluncurkannya maskot turnamen ini dapat menciptakan karakter yang menyenangkan dan menginspirasi anak-anak untuk menikmati bermain sepak bola.

2. Negara-negara yang Berpartisipasi

21 negara telah lolos ke Euro 2024 termasuk Jerman yang lolos langsung sebagai tuan rumah. Semua negara sebelumnya berkompetisi dalam rangkaian turnamen yaitu kualifikasi Eropa UEFA 2024 yang diselenggarakan mulai 23 Maret 2023 hingga 26 Maret 2024.

Meskipun grup telah ditentukan, masih ada 3 slot yang harus diperebutkan oleh negara-negara yang bermain di babak playoff A, B dan C. Berikut ini adalah daftar 21 negara yang telah lolos dan masih bermain di babak playoff:

Jerman (tuan rumah)

Spanyol (juara Grup A)

Skotlandia (runner-up Grup A)

Prancis (juara Grup B)

Belanda (runner-up Grup B)

Inggris (juara Grup C)

Italia (runner-up Grup C)

Turki (juara Grup D)

Kroasia (runner-up Grup D)

Abania (juara Grup E)

Republik Ceko (runner-up Grup E)

Belgia (juara Grup F)

Austria (runner-up Grup F)

Hongaria (juara Grup G)

Serbia (runner-up Grup G)

Denmark (juara Grup H)

Slovenia (runner-up Grup H)

Rumania (juara Grup I)

Swiss (runner-up Grup I)

Portugal (juara Grup J)

Slowakia (runner-up Grup J)

3. Stadion

erman memfasilitasi 10 stadion yang terletak di 10 kota. Semua stadion tersebut memiliki standar yang tinggi dan berkapasitas besar. Ke-10 kota tersebut antara lain Berlin, Munich, Dortmund, Stuttgart, Gelsenkirchen, Frankfurt, Hamburg, Düsseldorf, Köln, Leipzig.

Salah satu stadion terbaik yang dimilikinya adalah stadion Olimpiade Berlin, sebuah stadion yang terletak di pusat kota Berlin. Stadion ini dirancang oleh seorang arsitek yang berasal Jerman, Werner March, dan dibangun antara tahun 1934 dan 1936 untuk Olimpiade Berlin 1936. Stadion ini mengalami renovasi hingga pertengahan 2004 untuk mempersiapkan Piala Dunia 2006. Kapasitasnya sekarang mencapai 74.228 penonton.

Stadion Olimpiade Berlin adalah stadion kandang Hertha BSC Berlin (sepak bola) dan Berlin Thunder (sepak bola Amerika).

4. Piala Euro sebelumnya

Piala Euro 2020 merupakan momen bersejarah karena MNC Vision juga menjadi official broadcaster piala tersebut. Sebelumnya, turnamen edisi ke-16 ini memiliki keunikan tersendiri karena tidak hanya ada satu, tetapi 11 negara yang menjadi tuan rumah dan diselenggarakan di 11 kota yang berada di negara tersebut.

Dan maskotnya juga merupakan salah satu yang unik, yaitu Skillzy, seorang freestyler dengan gaya street soccer. Bentuk dan ukuran Skillzy sama seperti manusia dengan wajah yang mirip dengan karakter anime. Maskot resmi UEFA EURO ini lengkap menggunakan pakaian berwarna biru muda dengan logo EURO 2020.

Turnamen sebelumnya dimenangkan oleh Italia melawan Inggris dengan hasil skor adu penalti yang menyatakan 3 – 2. Italia lolos sebagai juara dan meraih trofi bergengsi EURO 2020.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *