Thu. Oct 17th, 2024
5 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Pekalongan5 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Pekalongan

5 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Pekalongan Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar Kota Pekalongan? Kota yang terletak di Jawa Tengah ini terkenal dengan batiknya. Ada banyak pengrajin batik yang keren-keren di sini, bahkan ada juga Museum Batik.

Salah satu cara untuk mencapai Pekalongan adalah dengan menggunakan kereta api. Anda bisa berhenti di Stasiun Pekalongan. Bagi Anda yang ingin menikmati pesona Kota Batik, tak ada salahnya mengunjungi sejumlah destinasi wisata andalannya.

Tak perlu khawatir meski Anda memiliki waktu yang terbatas untuk menjelajahi Pekalongan. Ada beberapa destinasi wisata yang dekat dengan Stasiun Pekalongan yang bisa Anda kunjungi. Di mana saja?

Simak daftar lengkapnya di bawah ini!

5 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Pekalongan

1. Museum Batik Pekalongan

Bangunan peninggalan Belanda ini dulunya berfungsi sebagai Kantor Administrasi Keuangan Pabrik Gula Karesidenan Pekalongan. Kini, bangunan yang dibangun pada tahun 1906 ini difungsikan sebagai Museum Batik Pekalongan. Museum ini diresmikan pada tahun 2006.

Museum ini memamerkan koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia. Selain motif, kain dan jenis teknik membatiknya juga menarik untuk diulas. Di sini juga terdapat pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran batik.

Setelah melihat dan belajar tentang batik, pengunjung dapat membeli berbagai produk. Produk-produk tersebut merupakan hasil karya dari Museum Batik dan pengusaha batik di Pekalongan.

Anda bisa menjadikan produk-produk tersebut sebagai oleh-oleh dan membantu para pengusaha batik. Berlokasi di Jalan Jatayu Nomor 3, tepatnya di Kawasan Budaya Jatayu, Pekalongan Utara.

Anda dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor sekitar 15 menit dari Stasiun Pekalongan. Buka setiap hari, kecuali hari libur nasional. Mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

2. Wisata Air Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana telah berbenah, kini menjadi salah satu destinasi paling populer di Pekalongan. Namanya pun berubah menjadi Wisata Air Pantai Pasir Kencana.

Selain sebagai tujuan wisata, tempat ini juga digunakan untuk mengadakan berbagai festival tradisional, seperti Nyadran dan Peh Cun. Anda bisa berenang, jogging, dan menikmati aneka kuliner.

Pada malam hari, terdapat air mancur yang dihiasi lampu-lampu yang menarik perhatian. Ada juga gumuk pasir dan fasilitas pelengkap lainnya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, jam operasional mulai pukul 14.00-20.00 WIB. Sementara itu, tiket masuknya dipatok Rp25 ribu per orang.

3. Pantai Sari

Tak jauh dari Pantai Pasir Kencana, ada Pantai Sari yang layak dikunjungi bersama keluarga. Pantai ini merupakan salah satu yang paling populer di Pekalongan, bahkan beberapa tahun lalu lebih ramai dari sejumlah pantai di sekitarnya.

Pantai yang buka hingga sore hari ini menjadi salah satu spot untuk berburu sunset dan sunrise di Pekalongan. Namun, Anda perlu memperhatikan cuaca dan musim. Karena ombak yang cukup tinggi saat air laut pasang dan banjir rob menjadi salah satu masalah yang biasa terjadi di Pantai Utara Jawa.

Lokasinya berada di Jalan Pantai Sari, Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara.

4. Pantai Boom Pekalongan

Hanya beberapa ratus meter dari Pantai Sari, ada Pantai Boom yang tak kalah menarik. Pantai yang terletak di Desa Panjang Wetan ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Ngeboo.

Salah satu hal yang membuatnya menarik selain pemandangannya adalah makanan lautnya yang super lezat. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, cukup membayar tiket masuk mulai dari Rp5.000 per orang.

Fasilitasnya pun lengkap, ada toilet, gazebo, wahana permainan, spot foto, dan penginapan. Anda juga wajib menyantap hidangan laut di sini.

Lokasinya searah jika dari Stasiun Pekalongan. Namun, di pertigaan Jalan Pantai Sari, Anda perlu menuju ke arah timur untuk mencapai Pantai Boom. Sedangkan untuk menuju Pantai Sari, Anda perlu berkendara ke arah barat.

5. Wisata Taman Mangrove Pekalongan

Masih di kawasan Pantai Utara, ada Wisata Taman Mangrove Pekalongan. Anda bisa menjelajahi hutan bakau dengan menyewa perahu katamaran. Sedangkan untuk melihat pemandangan, Anda bisa naik ke menara pandang yang berkapasitas tiga orang.

Ingin menambah pengetahuan Anda? Anda bisa mengunjungi Perpustakaan dan Pusat Informasi Mangrove serta area pembibitan mangrove. Jika ingin berolahraga, tersedia jogging track.

Terletak di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 18 menit dari Stasiun Pekalongan. Buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *