Mon. Sep 16th, 2024
Prabowo Tegaskan Akan Melanjutkan Pembangunan IKNPrabowo Tegaskan Akan Melanjutkan Pembangunan IKN

Prabowo Tegaskan Akan Melanjutkan Pembangunan IKN Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Kabinet Perdana yang diselenggarakan di Penajam Paser Utara, Ibu Kota Negara, Kalimantan Timur, Senin (12/8).

Prabowo Tegaskan Akan Melanjutkan Pembangunan IKN

“Saya sudah jelaskan beberapa kali bahwa proyek IKN ini akan kita selesaikan karena memang dibutuhkan. Tadi Bapak Presiden (Jokowi) menyampaikan tentang pemerataan dan keinginan kami juga tentang daya dukung konsentrasi kegiatan,” kata Prabowo.

1. Memprioritaskan pembangunan gedung-gedung pemerintahan

Selain itu, Prabowo juga menyoroti beberapa hal, di antaranya pembangunan pusat pemerintahan yudikatif, eksekutif, dan legislatif yang diprioritaskan.

Artinya gedung DPR/MPR RI menjadi prioritas dengan perumahan dan perkantoran. MA/MK juga sangat mendesak menurut saya, jelas Prabowo.

Prabowo juga mengimbau kepada otoritas IKN untuk segera membuat sayembara desain pembangunan Gedung DPR/MPR RI, Gedung MA, dan MK.

“Otoritas sudah mulai membuat sayembara untuk desain yang baik dan tidak bertentangan dengan desain yang sudah ada. Kalau itu selesai, secara substansial modal pemerintah bisa beroperasi di sini. Saya kira yang lain akan mengikuti,” lanjutnya.

2. Meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana kebakaran

Prabowo juga menekankan mitigasi bencana berupa perlunya kesiapsiagaan menghadapi bencana, terutama kebakaran, mengingat konsep IKN adalah Kota Hutan.

“Saya dididik untuk selalu menghadapi kemungkinan terburuk, artinya masalah hutan sangat besar, kita harus siap menghadapi bahaya kebakaran, kita harus siap dengan teknologi yang ada,” ujar Prabowo.

Prabowo menambahkan dan menekankan perlunya teknologi canggih untuk pemantauan dan penambahan tim pemadam kebakaran di IKN.

“Kita harus berkoordinasi dengan tim pemadam kebakaran dan BNPB. Jangan sampai ada peluang sekecil apapun yang mengancam IKN, karena kita mendesainnya sebagai kota hutan,” jelas Prabowo.3. Menebarkan optimisme

Prabowo juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi dan para menteri, seraya menyampaikan optimismenya bahwa dengan selesainya pusat pemerintahan di IKN, akan semakin banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di ibu kota baru tersebut.

“Saya optimis dengan selesainya pusat pemerintahan dengan investasi lainnya akan mengundang investor yang lebih besar lagi,” pungkas Prabowo.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *