Fri. Feb 23rd, 2024

Wajib Coba! TOP 10 Macam Saus Steak Terkenal dengan Deliciousnya Banget Lho!

Wajib Coba! TOP 10 Macam Saus Steak Terkenal dengan Deliciousnya Banget Lho!Wajib Coba! TOP 10 Macam Saus Steak Terkenal dengan Deliciousnya Banget Lho!

Wajib Coba! TOP 10 Macam Saus Steak Terkenal dengan Deliciousnya Banget Lho! Saus steak memang merupakan salah satu kuliner yang cukup mendunia dan banyak digemari. Menikmati steak tidak cukup jika hanya menggunakan garam dan lada. Untuk menambah cita rasa pada steak, biasanya diberi tambahan saus yang merupakan elemen penting dalam steak. Ada banyak jenis saus steak dan setiap saus memiliki cita rasa tersendiri. Tentu saja, setiap saus juga belum tentu cocok dengan selera Anda. Nah, untuk mengetahui apa saja macam-macam saus steak.

Wajib Coba! TOP 10 Macam Saus Steak Terkenal dengan Deliciousnya Banget Lho!

1. Salsa Verde Sauce

Saus steak yang satu ini paling sering digunakan merupakan Saus Salsa Verde. Saus khas Italia ini dapat dibuat hanya dalam waktu 15 menit dan dapat disajikan di atas hidangan apa saja, tidak hanya steak.

Salsa Verde ini adalah saus mentah yang merupakan kombinasi dari basil, mint, peterseli, atau tarragon. Proses pembuatannya cukup mudah yaitu dengan memotong peterseli, daun bawang dan mint kemudian mencampurkan potongan-potongan tersebut ke dalam mangkuk dan menambahkan satu sendok teh caper, ikan teri cincang, bawang putih, air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun. Semua bahan kemudian diaduk rata dan dibumbui sesuai selera. Setelah itu, saus Salsa Verde siap disajikan.

2. Teriyaki Sauce

Saus steak yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena tidak hanya bisa digunakan untuk steak, saus teriyaki juga bisa digunakan untuk berbagai macam olahan. Saus khas Jepang ini memiliki rasa yang seimbang antara manis dan gurih sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai olahan.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk membuat Saus Teriyaki ini dengan mencampurkan kecap asin, kecap manis, mirin, jahe parut dan madu ke dalam panci kemudian didihkan selama 5 menit atau hingga adonan mengental. Setelah itu, matikan api dan aduk irisan daun bawang ke dalamnya, lalu bumbui dan saus siap disajikan.

3. Chimichurri Sauce

Wajib Coba! Saus Chimichurri yang satu ibi merupakan salah satu saus steak yang berasal dari Argentina. Saus ini dikenal sangat sederhana karena tidak perlu dimasak untuk membuatnya.

Chimichurri Sauce sangat cocok disajikan dengan steak daging sapi karena terbuat dari pencampuran dua batang peterseli, daun thyme, bawang putih cincang, cabai merah, cuka anggur putih, dan minyak zaitun. Semua bahan dicampur dengan baik dan dibiarkan selama satu jam. Setelah itu, saus dapat dituang atau disajikan dalam wadah bersama steak favorit Anda.

4. Bearnaise Sauce

Saus steak lezat berikutnya adalah Saus Bearnaise. Saus ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai saus kental dan creamy seperti mayones.

Pembuatan saus Bearnaise ini membutuhkan waktu sekitar 25 menit dan sangat mudah dibuat. Saus ini terbuat dari kuning telur yang dikocok kemudian ditambahkan dengan mentega cair dan anggur yang direndam cuka dan tarragon untuk memberikan rasa yang sempurna.

Setelah itu, saus ini juga dapat ditambahkan dengan crème fraiche, mustard Dijon, caper dan tarragon cincang. Masak saus dengan api kecil selama 2-3 menit atau hingga mendidih, lalu bumbui dan sajikan.

5.  Mushroom Sauce

Saus Jamur yang ini adalah salah satu saus steak yang paling populer. Saus yang memiliki tekstur sedikit halus ini dapat dibuat hanya dalam waktu 15 menit.

Sesuai namanya, saus ini dibuat dengan bahan utama jamur. Jamur yang digunakan adalah jamur kastanye yang telah digoreng selama lima menit dengan minyak zaitun. Setelah itu, tambahkan satu siung bawang putih yang telah dihancurkan dan brandy, masak hingga brandy menguap lalu masukkan empat sendok krim ganda dan mustard gandum. Kemudian didihkan dan bumbui.

6. Blue Cheese Sauce

Saus steak inibisa disebut cukup unik dan proses pembuatannya memakan waktu hingga 20 menit. Saus Keju Biru dibuat dengan melelehkan 25 gram mentega dalam wajan di atas api sedang lalu masukkan satu sendok makan tepung terigu.

Setelah itu dicampur dengan 150 ml susu dan diaduk hingga saus menjadi lembut. Setelah mendidih, ditambahkan 50 gram keju stilton atau blue cheese yang sudah dicincang, lalu diaduk hingga merata. Kemudian masak hingga keju meleleh dan saus menjadi kental. Terakhir, bumbui dan sajikan saus tersebut.

7. Red Wine Sauce

Jenis saus steak selanjutnya adalah Red Wine Sauce. Sesuai dengan namanya, saus ini terbuat dari red wine atau anggur merah yang dicampur dengan kaldu daging sapi di dalam panci, gula merah dan cuka balsamic.

Semua bahan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam panci dan dimasak dengan api besar selama 10 menit. Setelah itu, dibumbui dan saus siap disajikan bersama steak pilihan Anda.

8. Black Pepper Sauce

Saus Lada Hitam juga dikenal sebagai salah satu saus yang paling populer. Lada Hitam merupakan salah satu jenis saus steak dengan rasa yang mencolok dan sangat menyengat. Namun jika dapat diolah dengan baik, saus ini sangat cocok untuk daging sapi.

Sesuai dengan namanya, saus ini mengandung lada hitam yang diolah dengan double cream hingga mengental. Untuk menciptakan saus terbaik, saus ini harus dimasak di wajan yang sama dengan steak, kemudian ditambahkan dengan bawang merah yang dilunakkan, brendi, dan berbagai merica yang dihancurkan. Biarkan saus matang cukup lama agar merica melunak.

9. Black Been & Sesame Sauce

Saus steak ini juga cukup menjadi favorit karena memiliki rasa yang lezat dan sangat nikmat jika disajikan dengan steak. Saus khas Asia ini dapat dibuat dalam waktu 25 menit dengan bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan.

Sesuai dengan namanya, saus ini terbuat dari kacang hitam dan wijen. Proses pembuatannya dengan mencampurkan setengah kaleng kacang hitam ke dalam food processor. Kemudian ditambahkan satu sendok teh bubuk gula merah, madu dan lima bumbu khas Tiongkok, seperti kombinasi kayu manis, adas, adas bintang, cengkeh dan merica Szechuan. Tidak hanya itu, saus ini juga membutuhkan parutan jahe, cabai merah, pasta tahini, kecap asin, air dan cuka sari apel. Bahan-bahan tersebut kemudian diblender hingga halus dan dituangkan ke dalam panci lalu direbus selama kurang lebih 5 menit atau hingga mengental.

10. Mustard Sauce

Wajib Coba! Saus steak yang terakhir kali ini adalah Mustard Sauce atau saus mustard. Saus ini cukup sederhana karena tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuatnya dan proses pembuatannya hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Cara membuat saus mustard ini cukup dengan mencampurkan mustard Dijon dengan crème fraiche di dalam panci yang kemudian dipanaskan dengan api kecil hingga mendidih. Setelah matang, cukup bumbui dan saus siap disajikan.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *